Skip to main content

IPv6 (Internet Protocol version 6)

IPv6 dikembangkan pada tahun 1990-an (RFC 2460) yang bertujuan untuk menggantikan IPv4 dengan alasan utama, kapasitas address IPv4 yang sudah mulai habis. IPv6 terdiri dari 128-bit dan dapat menampung total alamat 3.4 × 1038 , sangat jauh berbeda dengan IPv4 yang hanya terdiri dari 32-bit dan hanya dapat menyediakan alamat IP sekitar 4 miliar. Dengan alokasi IP yang sangat besar, dapat dipastikan tidak ada limitasi/pembatasan alamat IP, dengan keadaan seperti ini fleksibilitas dapat dicapai oleh setiap host, terutama perangkat mobile.

IPv6 di definisikan menjadi 3 tipe yang berbeda :

  • Unicast       : Unicast address digunakan untuk single host
  • Multicast    : Multicast address digunakan untuk grup hosts
  • Anycast       : Anycast address digunakan lebih dari satu host, misal ada paket yang ditujukan untuk alamat unicast, maka paket tersebut akan diterima oleh host terdekat ditentukan berdasarkan routing protocol.

Perlu diketahui bahwa IPv6 tidak menyediakan alamat broadcast, muncul pertanyaan”Lalu bagaimana nasib protokol yang memanfaatkan sistem pengalamatan broadcast seperti ARP ?”

Pada IPv6 proses discovery alamat fisikal (MAC Address) tidak dilakukan oleh protokol ARP, sebagai gantinya tugas tersebut dilakukan oleh solicited-node multicast address, yang nanti akan kita bahas juga.

Karena IPv6 memiliki panjang 128 bit dan jika ditulis akan sangat panjang, maka terdapat beberapa teknik penyingkatan yang digunakan untuk mempermudah penulisan :

  • IPv6 ditulis per empat hexa digit, yang dipisahkan oleh tanda colon: misal ada alamat 2001:0db8:0000:0000:0021:0000:4ab9:0300.
  • Satu grup yang jumlahnya nol dapat digantikan oleh dua colon, maka alamat diatas menjadi 2001:0db8::0021:0000:4ab9:0300.
  • Ingat, penggunaan dua colon hanya bisa dilakukan sekali pada sebuah alamat IPv6, jika lebih maka komputer akan menajadi bingung. Meski begitu, angka nol yang berada paling depan pada suatu grup dapat dihilangkan. IP diatas akan menjadi 2001:db8::21:0:4ab9:300.

Unicast Address

Unicast address digunakan untuk mengidentifikasi single interface di dalam sebuah network. Alamat ini umumnya digunakan untuk komunikasi end-to-end system, contohnya komunikasi peer to peer.

Alamat unicast IPv6 memiliki struktur 64 bit yang didefinisikan sebagai routing prefix dan 64 bit sisanya didefinisikan sebagai interface identifier.

Capture

Perlu dicatat bahwa IPv6 interface diharapkan memiliki lebih dari satu alamat IP. Model ini sangat berbeda dengan IPv4 interface yang diwajibkan hanya memiliki satu alamat IP. IPv6 interface akan selalu memiliki sebuah link local address secara otomatis. IPv6 interface juga mempunyai unique local address atau global unique address, dan juga bisa memiliki kedua alamat tersebut secara bersamaan.

Link local address digunakan untuk komunikasi pada sebuah single link dan packet dengan sebuah alamat link local source atau destination tidak akan di forward oleh router. Semua link local address  dapat diidentifikasi dimulai dengan alamat prefix FE80::/10.

Contoh IPv6 unicast address adalah 2001:db8::30a:216:4dff:fe13:5cae.

 

Capture

Terdapat beberapa alamat unicast lain pada IPv6 yang memilki arti spesial :

  • ::/128–Unspecified host address (all zeroes). Alamat akan digunakan sampai alamat IPv6 di assign ke device.
  • ::1/128–Digunakan sebagai alamat loopback, seperti 127.0.0.1 pada IPv4.
  • ::/0– Default route IPv6
  • fe80::/10–Prefix untuk link local address, setiap interface membutuhkan link-local address, Prefix ini tidak bisa di routing dan hanya bisa digunakan untuk komunikasi link local.
  • fc00::/7– mendefinisikan sebuah range yang dikenal sebagai Unique Local Address (ULA; RFC 4193). Alamat ini digunakan sebagai private network dan tidak di routing ke global internet (sama seperti private address pada IPv4).

Multicast Address

Semua alamat IPv6 multicast mempunyai b-bit prefix (ff00::/8) diikuti 4 bits flag dan 4 bits lain mendefinisikan scope penyebaran multicast.

Capture

General format IPv6 multicast address

ada beberapa  alamat IPv6  multicast yang sering dipakai:

  • ff02::1—All nodes on the local link
  • ff02::2—All routers on the local link
  • ff02::1:2—All DHCPv6 servers and relays on the local link

 

Anycast Addresses

Sebuah IPv6 packet dikirim ke alamat anycast address yang berarti akan dikirim ke host terdekat berdasarkan routing protocol. Anycast sangat berguna untuk mekanisme yang menyediakan redundansi service, seperti DNS server.

Khoirul Firdaus

Network Telco Engineer - SDN/NFV Enthusiast