Skip to main content

Membuat autoscaling instance pada openstack memanfaatkan layanan heat dan ceilometer

Heat autoscaling merupakan fitur tambahan pada openstack heat yang berfungsi untuk melakukan autoscaling pada sebuah mesin virtual. Komponen utama pada autoscaling adalah layanan orchestration. orchestration memungkinkan untuk mendefinisikan parameter atau aturan mengunakan template YAML yang mudah untuk dibaca. Pada aturan tersebut dapat diintegrasikan dengan layanan telemetri, sehingga ketika aturan tersebut sudah sesuai dengan aturan di layanan telemetri, maka telemetri dapat memberikan perintah ke heat orchestration untuk menambah atau mengurangi instance.

Read More

Konfigurasi iscsi target dan initiator di CentOS 7

ISCSI (Internet Small Computer System Interface) is  a transport layer protocol that describes how Small Computer System Interface (SCSI) packets should be transported over a TCP/IP network. (source : http://searchstorage.techtarget.com/definition/iSCSI)

Definisi ISCSI

ISCSI adalah Internet Small Computer Systems Interface. sebuah penyimpanan berbasis IP selain itu ISCSI berperan untuk mengangkut data pada block level antara iscsi inisiator pada mesin klient dengan iscsi target pada mesin penyimpanan pada server.

Environtment:

Server : 192.168.122.120 (server.alanprastyo.net)

Client : 192.168.122.121 (client.alanprastyo.net)

Berikut adalah Topologi labnya:

Read More

Install Openstack Ocata menggunakan Packstack

Definisi Packstack

Packstack is a utility that uses Puppet modules to deploy various parts of OpenStack on multiple pre-installed servers over SSH automatically. Currently only CentOS, Red Hat Enterprise Linux (RHEL) and compatible derivatives of both are supported (https://wiki.openstack.org/wiki/Packstack)

pada tutorial kali ini saya akan menginstall openstack versi ocata mengunakan tool deployment PackStack. packstack salah satu tool yang cukup simple untuk deploy openstack. namun kali ini saya akan membuat script bash untuk proses installasinya, supaya lebih cepet dan tidak mengulangi pekerjaan yang sama secara berulangkali jadi saya mencoba unutk membuat tool script automation.

Read More

Membuat Hyper Converged Infrastructure (HCI) dengan Ceph Storage Cluster dan Proxmox 5.1

Hyperconverged Infrastructure sangat berguna untuk deployment dimana permintaan infrastruktur yang tinggi namun memiliki anggaran keuangan yang tidak terlalu besar.

HCI memberikan keuntungan sebagai berikut:

  • Scalability
  • Low Cost
  • Data protection dan efficiency
  • Simplicity
  • Opensource

Ceph is a distributed object store and file system designed to provide excellent performance, reliability and scalability – http://ceph.com.

Read More

Membuat cluster di proxmox 5.1

Cluster pada proxmox dibutuhkan ketika kita sudah memiliki lebih dari satu mesin fisik proxmox, sehingga perlu dilakukan cluster untuk mempermudah dalam memanagement semua node proxmox, dalam satu dashboard.

Kelebihaan Cluster

  • management terpusat mengunakan web base
  • multi master cluster, dimana setiap node, dapat memanage cluster
  • pmxcfs: datebase-driven file system untuk store file konfigurasi, replikasi secara real time pada semua node mengunakan corosync
  • mudah dalam migrasi mesin virtual dan container antar host pve
  • cepat dalam deployment
  • cluster-wide service seperti firewall dan HA

Requirements Cluster

  • semua node harus mengunakan network yang sama, karena corosync mengunakan IP multicast utnuk komunikasi antar node. Corosync mengunakan port UDP 5404 dan 5405 untuk komunikasi cluster (bebrapa switch tidak support ip multicast by defaultnya dan harus di aktifkan secara manual)
  • Tanggal dan waktu harus sinkron
  • ssh tunnel mengunakan port tcp 22
  • jika tertarik lebih kearah HA, maka butuh minimal 3 node untuk diaktifkan quorumnya. Semua node harus memiliki versi yang sama
  • untuk rekomendasi membutuhkan dedicated NIC untuk traffik cluster, lebih khusus lagi jika mengunakan share storage

Read More

Konfigurasi VPLS (Virtual Private LAN Service) ONOS 1.11.1 di GNS3

Kali ini kita akan belajar VPLS yang akan diterapkan di ONOS SDN Controller. pada dasarnya ini sama sepertinya vpls pada umumnya namun penerapanya di ONOS (Open Network Operating System)

VPLS (Virtual Private LAN Service) adalah aplikasi ONOS yang memungkinkan operator membuat jaringan overlay L2 sesuai permintaan, di atas infrastruktur dengan protokol OpenFlow. Aplikasi terhubung ke host jaringan dengan mengkoneksikan overlay network yang terhubung ke OpenFlow data plane.

Read More

Install Dashboard GlusterFS dengan GDash

GDash merupakan sebuah project yang masih baru untuk digunakan sebagai monitoring dashboard GlusterFS, karena project ini masih baru maka fiturnya pun masih sedikit, yaitu hanya monitoring saja, didashhboard kita tidak  bisa konfig brick volume glusterfsnya. Oke tidak usah lama2 kita langsung coba aja 😀

Sebelum coba gdash ada baiknya anda harus mencoba install glusterfs terlebih dahulu disini

Read More