Skip to main content

GitOps Menggunakan ArgoCD pada platform OpenShift4

Saat ini IT Operation dipermudah dengan adanya teknologi Infrastructure as Code (IaS). Seperti yang kita ketahui bahwa IT Operation sebelum munculnya IaS memiliki kompleksitas yang sangat tinggi untuk menjaga Infrastruktur dan aplikasi agar tetap dapat melayani user. Hal tersebut dilakukan dengan cara manual, satu persatu command dijalankan untuk membangun infrastruktur IT yang sangat stabil dan ketersediaan nya sangat terjaga.

Dengan teknologi container dan orkestrasinya jobs infrastruktur IT sangat dimudahkan dengan memanfaatkan konfigurasi yang menjadi template pada format Yaml. Tetapi dengan kemudahan tersebut infrastruktur IT memiliki masalah baru dalam memuat, mencatat dan membuat versioning pada Yaml yang dibangunnya. Masalah tersebut terselesaikan dengan teknologi GitOps.

Jika kita pahami namanya, “GitOps” adalah penggabungan dari 2 kata, Git dan Ops, artinya adalah teknologi operation IT yang  ditampung di dalam SCM Git. Tidak sampai sini, berbeda dengan aplikasi, ketika kita berbicara tentang OpenShift dan IaS yang disimpan pada SCM Git pasti akan memunculkan beberapa pertanyaan, lalu bagaimana jika yaml dikembangkan dan terjadi perubahan bagaimana yaml tersebut dapat di deploy kedalam cluster OpenShift? apakah secara manual? lalu bagaimana cara mengetahui adanya perbedaan yaml code yang berada di SCM dan di OpenShift? dan lain sebagainya. 

Hal tersebut dapat diselesaikan dengan tools yang akan dibahas pada kesempatan kali ini. Tools GitOps yang akan digunakan adalah ArgoCD.

Read More

Install Kubernetes Dashboard – Kubernetes versi 1.16

Untuk memudahkan dalam hal management, operation dan monitoring aplikasi di kubernetes, kita bisa mengunakan Kubernetes Dashboard.

Pada dasarnya Kubernetes bisa dimanage mengunakan cli ataupun web console. sebelum mencoba install kubernetes dashboard, saya sarankan untuk membaca tulisan sebelumnya yang berkaitan dengan install kubernetes cluster di centos 7

pada kuberetes cluster memiliki 3 node, saya mengunakan Kubernetes version 1.16 (Terbaru untuk saat ini)

Read More

Install PostgreSQL 11.4 di Centos 7

PostgreSQL, nama RDBMS ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga para antusias IT. Tidak sedikit production database perusahaan-perusahaan besar menggunakan PostgreSQL untuk meng-handle data RDBMS perusahaannya. Usut punya usut si PostgreSQL ini salah satu pesaingnya si rajanya RDBMS yang logonya warna merah .
Pada artikel ini saya akan membahas tutorial instalasi database server PostgreSQL, tapi sebelum mulai tutorial untuk install PostgreSQL ada baiknya buat kita kenalan lebih deket lagi dengan si database gajah ini karna tak kenal maka tak sayang. Biar makin sayang sama si database gajah ini maka saya kenalin dulu si RDBMS PostgreSQL ini :

PostgreSQL adalah tools basis data open source advance yang dikembangkan oleh community di dunia. Read More

Install Nexus Repository di Ubuntu 16.04

Mungkin dari kita yang sering mengoperasikan docker sudah sering mendengar docker hub, atau sering dikenal sebagai aplikasi untuk menyimpan image docker, atau mungkin banyak developer seperti java, ketika setelah build code maka akan menghasilkan artifact .jar atau .war, dan itu biasanya disimpan pada maven central repository atau software sejenisnya. semua itu bisa berjalan dengan baik jika jumlah service atau image dockernya masih sedikit, namun jika jumlanhnya sudah banyak maka akan muncul banyak masalah, diantaranya cost dan privasi code atau image yang kita simpan, walaupun dari masing2 provider menjanjikan keamanan, namun kita tidak tahu dibelakangnya seperti apa.

kali ini saya akan membahas software Nexus Repository OSS, dimana kita dapat menyimpan docker image dan artifact code (java, nodejs, Ruby gems, dll). Untuk product nexus cukup banyak dan berbayar, namun saat ini kita akan mengunakan Nexus Repository OSS yang free, dan bagusnya nexus juga menyediakan plugin di Jenkins, sehingga lebih mudah untuk di integrasikan.

Read More

Install Jenkins untuk CI/CD di ubuntu 16.04

Mungkin banyak dari anda sudah mendengar jenkins, namun belum tau fungsi dan kegunaan sesunguhnya aplikasi jenkins ini. cara gampangnya jenkins merupakan software automation berbasis opensource yang berfungsi untuk mengotomasi pekerjaan yang dilakukan secara manual dan berulang2, dan biasanya digunakan untuk continuous integration dan continous delivery sebuah software apps.

Selain itu pasti anda sering mendengar kata “DevOps“, jenkins ini merupakan devops toolchain yang cukup populer digunakan untuk proses CI/CD (Continous Integration / Continous Delivery), Jenkins menjadi populer karena berbasis opensource dan memiliki banyak plugin yang dapat digunakan untuk diintegrasikan dengan aplikasi lain seperti gitlab, gitlab, kubernetes, openshift dan lain sebagainya. Woow Keren yaa 😀

Jenkins adalah aplikasi berbasis Java dan berjalan berbasis web (WAR => Web Application Archive), selain jenkins sebenernya ada tool lain yaitu Circle CI, Gitlab CI, Bamboo dan masih banyak yang lainnya, namun karena saya suka aplikasi opensource dan free maka saya pilih Jenkins.

Read More

Install GitLab di Ubuntu 16.04

GitLab CE atau Community Edition adalah software open source yang digunakan untuk host git repositori, dengan tambahan fitur untuk development apps seperti issue tracking dan lainnya. GitLab )memiliki 2 product yaitu GitLab CE (Community Edition) dan GitLab EE (Enterprise Edition). selain itu GitLab juga punya versi hosting di internet seperti GitHub.

Beberap Fiur pada GitLab :

Read More

Belajar Fortigate : Easy Create Remote VPN atau SSL VPN Tunnel

Hallo bro,

Barangkali anda sedang mencari product buat solusi vpn user atau anda sedang belajar fortigate cara seting vpn user atau ssl vpn atau anda belum tau vpn user itu apa? 🙂 Jadi istilah remote vpn, ssl vpn, vpn user atau mobile vpn itu pada dasarnya memliki maksud yang sama yaitu menghubungkan user yang ada di luar atau remote user bisa koneksi ke internal network baik melalui komputer laptop atau gadget. Solusi ini cocok untuk anda yang memiliki mobilitas tinggi, jadi anda tidak perlu ke kantor jika ingin akses suatu resource di kantor anda.

Ok mari kita coba kenal product fortigate dan license yang ditawarkan untuk solusi ssl vpn.

sumber : http://help.fortinet.com/fclient/olh/5-4-0/Content/FortiClient-5.4.0-Admin/100_Intro/110_Licensing+.htm

Extend Storage VM EC2 AWS Tanpa Reboot

Jika Anda memiliki VM production dan critical di AWS yang ingin ditambahkan ukuran storagenya namun khawatir akan menyebabkan downtime, kini Anda bisa melakukan extend storage di EC2 tanpa perlu reboot sehingga tidak akan ada downtime dari sisi server/aplikasi. Untuk langkah-langkahnya yuk ikuti di bawah ini :

  1. Login ke instance EC2, dan jalankan command lsblk untuk mengetahui list block device yang ter-attach di server

    Di contoh tutorial ini, pada VM ter-attach block storage sebesar 8GB
  2. Login ke AWS Console, masuk ke service EC2, dan pilih menu EBS (Elastic Block Storage) di bagian kiri menu.
  3. Pilih volume yang ingin diresize, lalu pilih menu Actions > Modify Volume
  4. Sesuaikan size volume yang diinginkan, Anda juga bisa mengubah jenis volume di menu ini. Di contoh ini, kita akan besarkan volume dari 8GB menjadi 12GB. Klik Modify lalu Yes untuk konfirmasi.
  5. Di instance EC2, jalankan kembali command lsblk untuk mengetahui apakah penambahan storage sudah terbaca di sistem

    Disini terlihat device xvda sudah bertambah menjadi 12GB
  6. Langkah selanjutnya adalah melakukan resize partisi dari sisi VM
  7. Setelah partisi diresize, langkah selanjutnya adalah extend file system. Jika file system VM Anda adalah ext2, ext3, atau ext4, Anda dapat menggunakan command resize2fs, jika file system xfs menggunakan xfs_growfs. Untuk mengetahui file system dapat menggunakan command lsblk -f atau df -Th. Di tutorial ini, saya menggunakan Amazon AMI dan default file systemnya adalah xfs.
  8. Terakhir, jalankan kembali command lsblk untuk mengecek apakah storage tambahan sudah ter-apply.
  9. Anda bisa jalankan command df -H untuk mengetahui capacity dan usage storage.

Demikian tutorial penambahan storage EC2, proses ini dapat dilakukan dengan cepat dan tidak membutuhkan reboot sistem. Semoga bermanfaat.