Skip to main content

How to Prepare for Passing NSE4 Exam Fortigate Network Security Professional

Hallo,

Buat anda yang sedang belajar fortigate terus anda juga berencana mengambil sertifikasi fortigate. saya akan share sedikit mengenai info penting bagaimana anda mempersiapkan exam fortigate. Ok sekilas mengenai NSE program by fortinet dapat anda lihat pada gambar dibawah ini:

Jadi NSE 4 sudah masuk level security professional, NSE1 adalah mengenai basic network security, terus NSE2 dan NSE3 adalah sudah masuk pembahasan fortinet security solution, security product dst. NSE1 hingga NSE3 anda tidak perlu membayar ujiannya krena ini masih internal course gitu. nah baru deh NSE4 baru anda harus bayar $400 di pearsonvue untuk mengambil ujian ini. Untuk mempersiapkan ujian NSE4 saran saya paling tidak anda sudah baca2 mengenai materi NSE1 hingga NSE3. paling tidak anda mengerti konsep network security hehehe.

Step berikutnya, di NSE4 itu ada dua pilihan ujian seperti yang anda lihat berikut ini.

jadi ada NSE4-5.4 untuk FortiOS 5.4 dan NSE4_FGT-5.6 untuk FrotiOs versi 5.6. Anda bisa prepare salah satu saja, misal versi 5.4. Klo saya kmren ambil yang versi 5.4 hehe.

Ok, jadi anda sudah menentukan pilihan versi ujiannya. maka berikutnya lagi adalah belajar materi exam NSE4-nya. Sesuai rekomendasi fortinet, anda disarankan untuk mengambil course atau anda mempelajari dua modul yaitu modul Fortigate 1 dan Fortigate 2. Fortigate 1 detail informasi dapat anda buka link ini, dan Frotigate 2 bisa anda lihat juga disini. Di dua course ini anda akan mempelajari fortigate firewall secara teori dan praktek tentunya. Dua modul atau course tersebut penting untuk anda ikuti kerena semua soal ujian NSE4 ada di dua modul tersebut.

Khusus untuk anda yang prepare exam sendiri, terus lab sendiri anda bisa buka link tulisan saya disini, tulisan ini lebih kepada cara install fortigate di vmware, sebagai bagian dari persiapan ujian.

Ok, anda sudah mengikuti course, lab, atau anda sudah membaca dua modul itu, maka untuk mengasah skill atau semacam baut practice exam, anda bisa cari soal-soal ujian 🙂 di internet. Ini untuk latihan sejauh mana anda sudah memahami materi NSE4.

Baik, cukup sekian dari saya mengenai sharing terkait bagaimana mempersiapkan ujian NSE4. Jika anda butuh info tambahan anda bisa meninggalkan komentar dibawah 🙂

Good luck!

Trainer, Network & Security Consultant

Bunyamin

Trainer, Network & Security Consultant