Skip to main content

Install Huawei eNSP Simulator

Huawei Enterprise Network Simulator Platform (eNSP) adalah software untuk mempermudah memplejari device-device huawei, software ini mirip dengan cisco packet tracer. Instalasi dapat dilakukan dengan cara:

  1. Download eNSP software
    Huawei eNSP dapat di download pada website resmi Huawei dengan syarat harus memiliki akun teregister (regualar akun, tidak harus partner atau customer) pada link http://support.huawei.com/enterprise/en/network-management/ensp-pid-9017384/software
  2. eNSP ini memeiliki dependensi dengan virtualbox yang digunakan untuk memabantu simualsi router, jika Virtualbox belum tersinstall pada PC/Notebook maka virtualbox dapat diinstall bersamaan dengan eNSP sebagai packet bundle.
  3. Ketika instalasi selesai, Run eNSP untuk melakukan verifikasi apakah instalasi berhasil.
  4. Ketika instalasi telah berhasil, coba jalankan router type AR untuk melakukan verifikasi dependensi dengan virtualbox.Ketika saya start saya mendapatkan error Failed to start device AR3. Error code: 40. Selanjutnya saya melakukan pengecekan firewall dan interface sesuai dengan petunjuk Help dari Huawei, namun tetap saja error masih muncul. Dalam case saya penyebabnya adalah interface virtualbox VirtualBox Host-Only Network #2, eNSP secara default hanya menerima interface VirtualBox Host-Only Network. Untuk mengatasi masalah tersebut dapat melakukan :
    1. Delete snapshot pada setiap VM eNSP pada virtualbox
    2. Pada eNSP pilih Menu >> Tools >> Register Device, checklist semua list VM lalu pilih Register.
  5. Setelah itu AR router dapat menyala tanpa pesan error.

 

Sekian tutorial instalasi huawei eNSP, pada posting berikutnya akan dibahas bagaimana cara Menkoneksikan eNSP dengan GNs3.

Network Telco Engineer – SDN/NFV Enthusiast

Khoirul Firdaus

Network Telco Engineer - SDN/NFV Enthusiast