Skip to main content

[Junos Routing] Redistribute Protokol Direct ke OPSF

Ini hanya mau menyambung tulisan ane sbelumnya yang ada di blog ini, klo mau cek dsini, jadi kira2 tau kan apa yang akan kita bahas,? klo omongin maslah redistribute itu adalah ada istilah cisco, jadi ane pinjam dlu ye,,,biar familiar gtu,,,klo di junos istilahnya routing policy. Oke kita review kembali tulisan seblumnya bahwa semua interface yang ada di router ospf, kita masukin semua ke protokol ospf, nah kli ini tidak demikian, kita hanya perlu memasukkan interface p2p router ospf, misal anda memiliki interface local area network, interface loopbak or alias interface yang base L3 nya di router bisa kita lakukan advertise via protokol direct dengan meredistribute ke ospf, atau dalam junos bisa kita export ke protokol ospf. Jadi secara praktisnya, jika anda menambah l3 di router anda, maka akan secara otomatis ke advertise ke ospf interface tersebut. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat step berikut,.

Cek protokol direct di junos.

nah, coba lihat network direct 🙂 di R1 nya,..hehe..nah R1 agar bisa ngobrol dengan R2 dan R3 apa yang perlu anda lakukan? anda hanya perlu kasih tau potokol ospf nya interface mana yang konek ke router tersebut,. terus interface yang misal ada interface buat lan, atau yang ke network data center, perlu di advertise ke ospf gk? pada tulisan kali ini anda tidak perlu melakukannya, karena anda hanya cukup export protkol direct ini ke ospf., nah berikut yang harus anda lakukan pertama adalah membuat policy baru dengan untuk protokol direct seperti berikut:

Nah anda tinggal export policy nya ke dalam ospf atau di cisco itu di redistribute ke ospf.

Pada konfigurasi di atas, anda cukup advertise interface yang koneksi antar router, bila router tersebut menggunakan ospf. skrang mari kita cek hasilnya,

Nah, bisa anda cek di table route ditas, bahwa interface loopback yang ada dimasing2 router, ke advertise juga ke ospf.

Karena modelnya di redistribute, jadi ospf mengenalnya sebgai Extern (external lsa type)

Ok Good Lucy guys…, 🙂

Bunyamin

Trainer, Network & Security Consultant