Skip to main content

Install Openstack Ocata menggunakan Packstack

Definisi Packstack

Packstack is a utility that uses Puppet modules to deploy various parts of OpenStack on multiple pre-installed servers over SSH automatically. Currently only CentOS, Red Hat Enterprise Linux (RHEL) and compatible derivatives of both are supported (https://wiki.openstack.org/wiki/Packstack)

pada tutorial kali ini saya akan menginstall openstack versi ocata mengunakan tool deployment PackStack. packstack salah satu tool yang cukup simple untuk deploy openstack. namun kali ini saya akan membuat script bash untuk proses installasinya, supaya lebih cepet dan tidak mengulangi pekerjaan yang sama secara berulangkali jadi saya mencoba unutk membuat tool script automation.

Topologi LAB

pada lab ini saya akan menginstall openstack all in one mesin, sehingga semua service dari neutron,nova sampai horizon hanya dijalankan pada satu mesin, untuk lab ini hanya benar2 untuk kepentiangan lab saja, tidak di sarankan untuk kepentiangan production.

Konfigurasi Dasar mesin AIO Openstack

  • Hostname = openstack
  • IP address
    • eth0 = 192.168.100.100/24 (network Managemen )
    • eth1 = 192.168.122.100/24 (network publik untuk instance)

berikut adalah file bash script untuk deployment openstack dengan nama aio-openstack.sh

jika installasi sudah selesai maka tampilanya seperti ini

mungkin cukup sekain tutorial yang singkat ini, jika ada yang kurang paham, maka bisa ditanyakan melalui kolom komentar.

wassalamualaikum 🙂

Alan Adi Prastyo

System Engineer