Skip to main content

Membuat Striped Volume di GlusterFS 3.10

Pada tutorial lanjutan ini saya akan membahas tentang stripedĀ volume di glusterFs 3.10, kira-kira apa perbedaanya dengan distributed dan replica volume dan bagaimana keutungan dan kerugianya ketika kita sudah mengunakan metode ini didalam environtment yang sudah production. Ayoo kita bahas secara mendalam šŸ™‚

Kapan kita pakai striped volume?

Striped volume ini secara teori mirip seperti distributed volume, namun ada beberapa yang beda dinataranya adalah misal kita mempunyai sebuah file besar dengan kapasistas 3 GB, maka kapasitas tersebut akan dipotong2 mkenjadi bagian yang lebih kecil dan setelah itu potongan tersebut akan di distribusikan ke setiap brick, namun dari sisi client akan terlihat satu file yang utuh.

saya merekomendasikan untuk mengunakan striped volume jika kebutuhan dari sisi client untuk mennyimpan data yang besar, misal seperti .iso ataupun virtual hdd untuk mesin virtual. karena ketika menggunakan striped maka performa bisa lebih baik karena data akan dipecah dan di disebar ke masing2 volume.

Baik, kita sudah membahas tentang striped storage selanjutnya kita langsung mulai saja konfigruasinya. namun sebelum anda memulai konfigurasi striped volume, maka saya sarankan anda harus menginstall glusterFSnya duluĀ disiniĀ dan membaca sedikit tentang distributed volumeĀ disiniĀ dan baca tentang replicated volume disini.

Jadi skema stripedĀ volume yang akan dilab kan adalah seperti diatas, dimana nanti sebuahĀ file yang cukup besar kapasistasnya akan tersimpan pada cluster storage dan akan dipecah ke masing2 hpc.

setelah itu config cluster storage Ā (cukup dilakukan pada satu node saja misal diĀ hpc01Ā )

Alan Adi Prastyo

System Engineer