Skip to main content

Setting Windows 7 sebagai klien Domain Controller

Setelah kita mengkonfigurasi Primary Domain Controller mengunakan Zentyal Server, maka selanjutnya adalah setting disisi klien.

Untuk pertama kali, setting windows sebagai klien domain controller adalah kita harus setting dns nya diarahkan ke ip server primary domain controller yaitu 192.168.43.54

dns

Untuk setting di windows sangat simple dan tidak membutuhkan tool tambahan dalam konfigurasinya. Setelah itu (My Computer → Properties → Advanced system settings)

advan
pengaturan ini berfungsi untuk mengarahkan domain ke server domain controller

domain

Setelah diklik OK biasanya minta username dan password

sing

masukan username dan password yang sudah kita buat.

berhasil

Jika berhasil maka, akan muncul welcome to the rcn.labs domain, itu artinya komputer yang kita setting sudah terdaftar di Domain controller.

[Check Dashboard Zentyal Server]

User and computers → Manage

test

pada server sudah terdapat computer dengan hostname ALAN-PC itu artinya PC kita sudah terdaftar di server.

[TESTING Windows 7 klien]

biasanya setelah kita setting windowsnya, dia minta restart

log-man

ketika login pilih switch login supaya bisa login dengan username dan password, kemudian masukan user dan password yang sudah dimasukan di server.

Setelah masuk ke sistem operasi windows 7, maka akan disediakan tempat penyimpanan sendiri per user, sehingga setiap user mempunya storage masing-masing.

drive

Woow, berhasil juga akhirnya, ya beginilah kalo memanfaatkan samba sebagai PDC, kalo di Gunadarma itu kaya ILab(Integrated Lab), cangih ya pake linux bisa setara kaya service diwindows hehehe

Alan Adi Prastyo

network & system engineer